14 Grup Ikut Festival Meurukon Disbudpar Aceh di Bireuen

Spread the love
Pembukaan festival meurukon staf ahli bidang keistimewaan Aceh, kerjasama dan SDM bertempat di aula Hotel Fajar Bireuen, Jumat (25/03/2022) malam.

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Sebanyak 14 grop meurukon dari 14 kecamatan di Bireuen, Jumat (25/03/2022) malam mengikuti Festival Meurukon yang diselenggarakan Pemerintah Aceh melalui  Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Aceh berlangsung di aula Hotel Fajar Bireuen.

Adapun 14  grup yang ikut ambil bagian dalam festival dengan tema revitalisasi seni tutur Aceh yaitu dari  Kecamatan Kutablang, Jeumpa, Juli, Samalanga, Makmur dan Jangka. Seterusnya dari Gandapura, Kuala, Simpang Mamplam, Peudada, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, Peusangan dan Jeunieb, dibuka Bupati Bireuen.

Pembukaan festival disemarakkan dengan tari ratoh jaroe, binaan ketua yayasan Kebangsaan Bireuen.

Kadisbudpar Aceh melalui  Kepala Seksi Bahasa, Azizar Mansyah  dalam sambutannya antara lain mengatakan, tujuan  festival untuk membangkitkan kembali kebudayaan Aceh, sebagai peninggalan indatu yang harus dilestarikan.

Selain itu, juga untuk pembinaan terhadap seni budaya daerah, seperti meurukon sebagai bagian kekayaan sastra Aceh. “Kita berharap seni Meurukon ini dapat terus berkembang dan semakin dikenal di masyarakat luas, khususnya di Bireuen,” kata Azizar.

Ditambahkan, Disbudpar Aceh akan terus berupaya menyelenggarakan event seni budaya di daerah. Upaya terus diharapkan dapat membangkitkan semangat pekerja seni dan pekerja kreatif guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, katanya.

Meurukon, yang popular di masyarakat sekitar tahun 1990-an, merupakan salah satu bentuk kesenian untuk pendidikan dan pengajaran, serta penanaman nilai-nilai moral.

Seni tutur Islami ini juga dikenal salah satu genre puisi Aceh yang dipresentasikan dengan cara dialogis, antara satu kelompok dengan kelompok lainnya, dengan cara bersajak tentang kaidah-kaidah dasar keagamaan.

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul 14 Grup Ikut Festival Meurukon Disbudpar Aceh di Bireuen, https://aceh.tribunnews.com/2022/03/26/14-grup-ikut-festival-meurukon-disbudpar-aceh-di-bireuen.
Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *