MENGUAK DUA KARYA BUKU POPULER KETUA LPPM UNIKI – DR. AZHARI

Spread the love

news.uniki.ac.id – Bireuen (24/02/2021). Di tahun 2020 lalu, penerbit nasional Deepublish, dengan meyakinkan menerbitkan edisi perdana buku referensi, dengan kategori Buku Manajemen Populer dari Dr. Azhari, S.E., M.Si, Ak, CA yang berjudul Efisiensi Koperasi di Indonesia: Bukti Empiris dari Data Envelopment Analysis.  Dan dalam waktu yang hampir berbarengan, juga  penerbit Yayasan Pena Banda Aceh, merilis lagi buku Azhari, dengan judul Akuntansi Koperasi: Praktek Penyusunan Laporan Keuangan KSP/USP yang merupakan edisi-II.

Azhari, yang merupakan Doktor Ekonomi dengan konsentrasi Akuntansi Koperasi dan Kewirausahaan ini, menyatakan dalam pengantar buku Efisiensi Koperasi di Indonesia, bahwa “Perkembangan jumlah koperasi di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan, pada akhir tahun 2019 jumlah koperasi yang aktif mencapai 123.048 unit.  Hal ini didasarkan berita Negara dari Kementerian koperasi dan UKM Republik Indonesia, tahun 2020. Dari segi keanggotaan koperasi, dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan. Awal tahun 2020 jumlah anggota koperasi di Indonesia berjumlah 22.463.738 orang. Dengan kata lain 8,4% penduduk Indonesia saat ini sudah menjadi anggota koperasi. Hal ini merupakan sebuah kekuatan besar dalam rangka menggerakkan ekonomi yang berbasiskan kerakyatan.

Seperti kita kenal, sebut Ketua LPPM Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) ini; “Koperasi merupakan bangun usaha yang ideal untuk perekonomian di Indonesia, sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 33 karena asas kekeluargaan yang disusun dalam perekonomian di Indonesia ada pada koperasi. Namun demikian, perkembangan koperasi masih jauh dari harapan dengan berbagai alasan dan tantangan. Pada dasarnya koperasi didirikan untuk kesejahteraan anggotanya, bukan untuk golongan atau kepentingan eksternal yang hanya memanfaatkan keberadaan koperasi”.

Azhari, yang tercatat sebagai anggota aktif pada Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Bireuen ini, mengakui bahwa buku Efisiensi Koperasi di Indonesia yang dirajuynya ini merupakan hasil penelitian yang beliau lakukan terhadap tingkat efisiensi koperasi di Indonesia periode 2016 sampai 2019. Metode yang digunakan adalah Non Parametrik dengan pendekatan Data Envelopment Analysis. Variabel dalam riset meliputi variabel input dan output yang terdiri atas modal koperasi (internal dan eksternal), omzet koperasi, dan SHU koperasi. Buku ini layak untuk dimiliki oleh gerakan koperasi, mahasiswa, peneliti koperasi dan UKM, pengambil kebijakan, khususnya koperasi dan UKM karena dalam buku ini juga ada implikasi dan saran bagi pemangku kebijakan dan untuk peneliti selanjutnya. Semoga buku ini bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya bagi gerakan koperasi di Indonesia, urai Azhari.

Pengajar tetap Mata kuliah Manajemen Keuangan, dan Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKI ini, juga menceritakan pada media, tentang buku yang dirilis penerbit Yayasan Pena, “Akuntansi Koperasi”, merupakan suatu monograf mata kuliah di jenjang sarjjana Akuntansi.  Buku ini sengaja beliau tulis dan minta diperbanyak oleh penerbit, agar mahasiswa yang mengambil mata kuliah koperasi dan UKM, atau pun Akuntansi Koperasi, dapat memahami secara cepat dan tepat.  Juga buku ini menggambarkan apa yang dapat digerakkan baik pengurus maupun pengelola Koperasi Simpan Pinjam/Unit Simpan Pinjam, untuk dapat mampu menyusun Laporan Keuangan Koperasi secara sederhana. Ada 5 topik besar yang dirangkum dalam buku yang berjumlah 95 halaman tersebut, jelas Azhari, yakni 1.Karakteristik Koperasi, 2.Akuntansi dan Ruang Lingkupnya, 3.Sistem Pencatatan Akuntansi, 4. Siklus Akuntansi, dan 5.Pembagian Sisa Hasil Usaha, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *