Tgk. H. Luthfi: “Pelaksanaan KKM-T Mahasiswa UNIKI Di YPI HARAPAN UMMAT ARONGAN SP. Mamplam Bireuen, berakhir Sukses”

Spread the love

news.uniki.ac.id – Bireuen. Tepat hari ini, Selasa (23/02/2021) Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Harapan Ummat Arongan Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen, Tgk. H. Luthfi, S.Sos., M.Sos, mewakili Ketua LPPM Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) menutup pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasiswa Terpadu (KKM-T), dari Kelompok Mahasiswa UNIKI yang belajar di dayah tersebut.

Foto: Tgk. H. Luthfi, S.Sos., M.Sos, Dosen UNIKI dan Pimpinan YPI Harapan Ummat Arongan Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen (23/02/2021)

Ke-14 mahasiswa yang berasal dari program studi Manajemen dan Hukum tersebut, menjalankan KKM-T serta mondok di Dayah Harapan Ummat, selama 40 hari, demikian Ketua LPPM UNIKI, Dr. Azhari, SE, M.Si, Ak, CA, yang disampaikan oleh Luthfi pada media.  Mereka melaksanakan minimal 3 program Tri Darma, baik penyuluhan, pelatihan. focus grup diskusi, pengajaran, pengembangan potensi daerah, khususnya di kompleks Dayah dimana mahasiswa tersebut melaksanakan KKM-T, sebut kandidat Doktor bidang Komunikasi Islam UISU Medan ini.

Amatan media di lokasi tersebut, para mahasiswa dibimbing oleh 2 orang supervisor akademik dan praktisi, masing-masing adalah T. Luthfi, S.Sos, M.Sos yang dikenal dengan panggilan Ayah Panti. Beliau selain tercatat sebagai dosen tetap di Fakultas Hukum dan Syariah UNIKI, juga pimpinan Dayah Harapan Ummat tersebut. Juga dalam kesehariaannya, dibantu tenaga praktisi, Tengku Sulaiman, S.Hi, M.M untuk memberi arahan dan penilaian semua indikator Pelaksanaan KKM-T.

Luthfi menilai, “Semua mahasiswa yang melaksanakan KKM-T tersebut berhasil sesuai dengan program awal yang direncanakan, maupun dari aspek waktu”.  Sebanyak 14 orang mahasiswa dan mahasiswi angkatan pertama tahun 2017 yang mengikuti kuliah sambil mondok di Dayah ini, sudah memasuki semester akhir, dan ke depan tinggal menyusun tugas akhir, yang proposal dan sidang skripsi, lanjutnya.

Kesuksesan model perkuliahan dan KKM-T ini atas kerjasama yang baik dan komitmen tinggi dari pengurus Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Harapan Ummat Arongan, Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen dengan pelaksana akademik di kampus UNIKI, demikian sebut Luthfi. 

Foto: Ketua Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr. Amiruddin Idris, meninjau Mahasiswa UNIKI di YPI Harapan Ummat Arongan Sp. Mamplam Kabupaten Bireuen yang melaksanakan KKM-T (23/02/2021)

Kerjasama bidang pendidikan yang dijalin UNIKI dengan Yayasan Harapan Ummat Arongan, telah dijalin sejak tahun 2017 yang lalu sampai dengan saat ini, sebut Luthfi, yang saat ini kandidat Doktor Komunikasi Islam di UINSU Medan.  Harapan kami, sebutnya, pihak kampus UNIKI terus memberi peluang untuk melakukan kolaborasi pendidikan bagi santri kami di dayah, sehingga mereka memiliki bekal dari segi agama dan ilmu dan keterampilan untuk bekal dalam kehidupannya kelak, pungkas Luthfi. (Konedi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *