MAJU TERUS PEMIMPIN KAMPUSKU

Spread the love

By Teuku Irfan

Setiap orang hakikatnya diciptakan sebagai pemimpin, mulai dari memimpin diri sendiri sebelum akhirnya mampu menjadi pemimpin untuk orang lain. Namun sejatinya pemimpin tidak terlahir begitu saja banyak proses yang harus di lalui untuk menjadi pemimpin yang ideal.

Mendefinisikan kenyataan juga merupakan salah satu tanggung jawab seorang pemimpin, ucapan terimakasih dari pemimpin untuk bawahan termasuk sebuah tanggung jawab yang nyata. Setiap orang memiliki hak, tanggung jawab dan kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin, ucap Linda Lambert, seorang ilmuan yang banyak memproduksi tulisan dalam jurnal kepemimpinan.

Nabi SAW dalam hadistnya pernah menekankan, dengan sabdanya “setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya”. 

Tanpa sebuah integritas kita juga tahu seseorang tidak akan menjadi pemimpin, walaupun itu bukan syarat mutlak menjadi seorang pemimpin.  Namun, yang menjadi syarat dan penilaian orang maupun amalnya adalah dengan selalu ingat kalimat ini; “Jadilah seorang pemimpin yang baik dan bertanggung jawab, karena setiap orang merupakan pemimpin. Jika setiap orang mempunyai rasa kepemimpinan dalam dirinya maka kehidupan akan damai dan sejahtera.  Oleh karenanya, orang bijak selali berucap “Pemimpin sejati bisa membuatmu tau arti sesungguhnya dari sebuah kepemimpinan”.

“Pemimpin tidak lahir begitu saja. Kepemimpinan dipelajari dan dikembangkan. Proses itu dimulai sejak awal hidup kita dengan diri kita sendiri sebagai individu.” sebut  Valerie Sokoloski, seorang penulis buku terkenal tentang kepemimpinan.  Dan Valerie juga menambahkan “Bukan posisi yang membuat seseorang menjadi pemimpin, namun seorang pemimpinlah yang menciptakan posisi.”   Seorang pemimpin adalah seorang penjual harapan (Napoleon Bonaparte), sehingga dia harus selalu memiliki optimistis.

Terima kasih untuk jajaran pimpinan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia , teruslah menjadi jalan penerang untuk kami para civitas akademisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *